NO  NAMA GELAR AKADEMIK PENDIDIKAN BIDANG KEAHLIAN TIAP JENJANG PENDIDIKAN
1    Aris Nurkhamidi S.Ag.  S1 STAIN Salatiga 1998  S1 Tarbiyah PAI
M.Ag.  S2 IAIN  Sultan Syarif Qasim   Pekanbaru 2000  S2 Perkembangan Islam   Regional Asia Tenggara
 Link Curriculum Vitae  
 Link PDPT Dikti  http://bit.ly/pdpt_arisnk
     
2    Ely Mufidah S.Ag.  S1 STAIN Pekalongan 2001  S1 Tarbiyah PAI
M.S.I.  S2 IAIN Walisongo Semarang 2008  S2 Pendidikan Islam
 Link Curriculum Vitae  
 Link PDPT Dikti  http://bit.ly/pdpt_ely
     
3    Akhmad Afroni S.Ag.  S1 IAIN Walisongo Semarang   S1  Tarbiyah PAI
  M.Pd.  S2 Universitas Negeri Semarang  S2 Manajemen Pendidikan
 Link Curriculum Vitae    
 Link PDPT Dikti  http://bit.ly/pdpt_afroni  
   Link Google Scholar  http://bit.ly/gsc_aafroni  
         
4    Riskiana S.Pd.  S1 IKIP Semarang 1998  S1 Pend Bhs Inggris
  M.Pd.  S2 UNS Surakarta 2014  S2 Pend Bhs Inggris
  Link Curriculum Vitae    
 Link PDPT Dikti    http://bit.ly/pdpt_riski  
       
5    Nanang Hasan Susanto S.Pd.I.  S1 UIN Syarif Hidayatullah 2003  S1 Pend. Bhs Arab
    M.Pd.I.  S2 IAIN Syekh Nurjati Cirebon   S2 Pendidikan Islam
   Link Curriculum Vitae    
   Link PDPT Dikti  http://bit.ly/pdpt_nanang  
     Link Google Scholar  http://bit.ly/gsc_nanang  
           
6    Muchamad Fauyan S.Pd.I.  S1 STAIN Pekalongan 2007  S1 Pend. Agama Islam 
    M.Pd.  S2 UPI Bandung 2009  S2 Pend. Dasar Kons. Bahasa Indonesia
   Link Curriculum Vitae    
   Link PDPT Dikti  http://bit.ly/pdpt_fauyan  
     Link Google Scholar  http://bit.ly/gsc_fauyan  
           
7    Rahmat Kamal S.Pd.I.  S1 UIN Sunan Kalijaga  S1 Pend. Agama Islam
    M.Pd.  S2 UIN Sunan Kalijaga  S2 Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
   Link Curriculum Vitae    
   Link PDPT Dikti  http://bit.ly/pdpt_kamal  
     Link Google Scholar  http://bit.ly/gsc_kamal  
           
8    Hafizah Ghany H S.Pd.  S1 Universitas Negeri Yogyakarta  S1 Pendidikan IPA
    M.Pd.  S2 Universitas Negeri Yogyakarta  S2 Pendidikan Sains
   Link Curriculum Vitae    
   Link PDPT Dikti  http://bit.ly/pdpt_hfz  
     Link Google Scholar  http://bit.ly/gsc_hfz  
         
9       Aan Fadia Annur S.Pd.  S1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  S1 Pendidikan Kimia
     M.Pd.  S2 STAI Al-Hikmah Jakarta  S2 Manajemen Pendidikan   Islam
   Link Curriculum Vitae    
   Link Google Scholar   http://bit.ly/gsc_anfad   
         
10       Putri Rahadian Dyah K  S.Pd.  S1 Universitas Negeri Yogyakarta  S1 Pendidikan IPA
     M.Pd.  S2 Universitas Negeri Yogyakarta   S2 Pendidikan Sains
   Link Curriculum Vitae    
   Link Google Scholar    http://bit.ly/gsc_putri   
         
11      Andung Dwi H. S.Pd.   S1 Universitas Negeri Yogyakarta  S1 Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi
     M.Pd.  S2 Universitas Negeri Yogyakarta  S2 Pendidikan Olahraga
   Link Curriculum Vitae    
   Link Google Scholar  http://bit.ly/gsc_andung   

 


 

TUJUAN 

  1. Menghasilkan sarjana ilmu pendidikan guru madrasah Ibtidaiyyah yang memiliki kecerdasan spiritual, keluasan ilmu pengetahuan, kesetiaan terhadap keindonesiaan, dan kemandirian dalam kehidupan.
  2. Berkembangnya ilmu pendidikan guru madrasah Ibtidaiyyah berwawasan keindonesiaan melalui pengkajian dan riset ilmiah.
  3. Terbentuknya masyarakat yang kuat dan berdaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berbasis ilmu pendidikan guru madrasah Ibtidaiyyah.
  4. Terselenggaranya tata kelola ilmu pendidikan guru madrasah Ibtidaiyyah yang profesional, transparan, dan akuntabel dalam rangka mencapai kepuasan civitas akademika dan pemangku kepentingan.

A. Visi Keilmuan Prodi PGMI FTIK IAIN Pekalongan

Mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dasar yang selaras dengan nilai keislaman dan seni budaya untuk menghasilkan lulusan yang unggul, salih, cerdas dan moderat.

 

B. Tujuan Prodi PGMI FTIK IAIN Pekalongan

  1. Menghasilkan lulusan program studi PGMI yang berkualitas dan unggul dalam bidang pendidikan dasar, memiliki pemahaman yang moderat dan berperan dalam melestarikan seni budaya.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempu berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan di bidang pendidikan dasar berdasarkan hasil analisis dan penelitian.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu berkolaborasi di masyarakat dalam bidang pendidikan dasar serta seni budaya

 

C. Strategi Pencapaian Tujuan Prodi PGMI FTIK IAIN Pekalongan

  1. Menyesuaikan kurikulum dengan kondisi terkini dan kebutuhan pengguna lulusan
  2. Melakukan kolaborasi dengan prodi PGMI dan PGSD pada perguruan tinggi lain dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa
  3. Mengadakan kerjasama dengan pengguna lulusan pada program magang dan penyerapan lulusan
  4. Meningkatkan pemahaman moderasi beragama melalui kegiatan FGD, seminar dan kajian
  5. Memasukkan muatan seni budaya terutama berbasis kearifan lokal Pekalongan pada kurikulum
  6. Melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan perkuliahan di prodi PGMI
  7. Mengadakan kerjasama terkait penelitian di bidang pendidikan dasar
  8. Meningkatkan kompetensi dosen PGMI dalam bidang penelitian dan publikasi karya ilmiah
  9. Meningkatkan kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa
  10. Melakukan kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa dengan pihak professional di bidang pendidikan dasar
  11. Mengadakan kerjasama pengabdian masyarakat di bidang pendidikan dasar dan seni budaya
  12. Meningkatkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam bidang pengabdian masyarakat

Program studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mulai dibuka pada tahun akademik 2013/2014. Ketua Prodi PGMI pada saat ini dijabat oleh Ibu Juwita Rini, M.Pd, sedangkan sekretaris jurusan dijabat oleh Ibu Hafizah Ghany H., M.Pd.

Visi Keilmuan Prodi "Mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dasar yang selaras dengan nilai keislaman dan seni budaya untuk menghasilkan lulusan yang unggul, salih, cerdas dan moderat.."

Pembelajaran di jurusan PGMI diampu oleh dosen-dosen yang memiliki kualifikasi sesuai dengan mata kuliah yang disampaikan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran aktif dan kooperatif. Adapun kurikulum prodi PGMI dapat diakses pada menu kurikulum.

Profil utama lulusan PGMI adalah Guru Kelas MI/SD profesional yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi. Adapun kompetensi penunjang lulusan PGMI adalah menjadi tenaga peneliti kependidikan MI/SD dan praktisi pendidikan anak usia MI/SD, di samping itu lulusan PGMI juga memiliki kompetensi dapat menjadi perancang media pembelajaran pendidikan dasar yang bermental entrepreunership (kewirausahaan).

LINK VIDEO PROFIL PGMI

Page 2 of 2
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree