NO | NAMA | GELAR AKADEMIK | PENDIDIKAN | BIDANG KEAHLIAN TIAP JENJANG PENDIDIKAN | |
1 | Aris Nurkhamidi | S.Ag. | S1 STAIN Salatiga 1998 | S1 Tarbiyah PAI | |
M.Ag. | S2 IAIN Sultan Syarif Qasim Pekanbaru 2000 | S2 Perkembangan Islam Regional Asia Tenggara | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link PDPT Dikti | http://bit.ly/pdpt_arisnk | ||||
2 | Ely Mufidah | S.Ag. | S1 STAIN Pekalongan 2001 | S1 Tarbiyah PAI | |
M.S.I. | S2 IAIN Walisongo Semarang 2008 | S2 Pendidikan Islam | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link PDPT Dikti | http://bit.ly/pdpt_ely | ||||
3 | Akhmad Afroni | S.Ag. | S1 IAIN Walisongo Semarang | S1 Tarbiyah PAI | |
M.Pd. | S2 Universitas Negeri Semarang | S2 Manajemen Pendidikan | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link PDPT Dikti | http://bit.ly/pdpt_afroni | ||||
Link Google Scholar | http://bit.ly/gsc_aafroni | ||||
4 | Riskiana | S.Pd. | S1 IKIP Semarang 1998 | S1 Pend Bhs Inggris | |
M.Pd. | S2 UNS Surakarta 2014 | S2 Pend Bhs Inggris | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link PDPT Dikti | http://bit.ly/pdpt_riski | ||||
5 | Nanang Hasan Susanto | S.Pd.I. | S1 UIN Syarif Hidayatullah 2003 | S1 Pend. Bhs Arab | |
M.Pd.I. | S2 IAIN Syekh Nurjati Cirebon | S2 Pendidikan Islam | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link PDPT Dikti | http://bit.ly/pdpt_nanang | ||||
Link Google Scholar | http://bit.ly/gsc_nanang | ||||
6 | Muchamad Fauyan | S.Pd.I. | S1 STAIN Pekalongan 2007 | S1 Pend. Agama Islam | |
M.Pd. | S2 UPI Bandung 2009 | S2 Pend. Dasar Kons. Bahasa Indonesia | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link PDPT Dikti | http://bit.ly/pdpt_fauyan | ||||
Link Google Scholar | http://bit.ly/gsc_fauyan | ||||
7 | Rahmat Kamal | S.Pd.I. | S1 UIN Sunan Kalijaga | S1 Pend. Agama Islam | |
M.Pd. | S2 UIN Sunan Kalijaga | S2 Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link PDPT Dikti | http://bit.ly/pdpt_kamal | ||||
Link Google Scholar | http://bit.ly/gsc_kamal | ||||
8 | Hafizah Ghany H | S.Pd. | S1 Universitas Negeri Yogyakarta | S1 Pendidikan IPA | |
M.Pd. | S2 Universitas Negeri Yogyakarta | S2 Pendidikan Sains | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link PDPT Dikti | http://bit.ly/pdpt_hfz | ||||
Link Google Scholar | http://bit.ly/gsc_hfz | ||||
9 | Aan Fadia Annur | S.Pd. | S1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta | S1 Pendidikan Kimia | |
M.Pd. | S2 STAI Al-Hikmah Jakarta | S2 Manajemen Pendidikan Islam | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link Google Scholar | http://bit.ly/gsc_anfad | ||||
10 | Putri Rahadian Dyah K | S.Pd. | S1 Universitas Negeri Yogyakarta | S1 Pendidikan IPA | |
M.Pd. | S2 Universitas Negeri Yogyakarta | S2 Pendidikan Sains | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link Google Scholar | http://bit.ly/gsc_putri | ||||
11 | Andung Dwi H. | S.Pd. | S1 Universitas Negeri Yogyakarta | S1 Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi | |
M.Pd. | S2 Universitas Negeri Yogyakarta | S2 Pendidikan Olahraga | |||
Link Curriculum Vitae | |||||
Link Google Scholar | http://bit.ly/gsc_andung |
TUJUAN
- Menghasilkan sarjana ilmu pendidikan guru madrasah Ibtidaiyyah yang memiliki kecerdasan spiritual, keluasan ilmu pengetahuan, kesetiaan terhadap keindonesiaan, dan kemandirian dalam kehidupan.
- Berkembangnya ilmu pendidikan guru madrasah Ibtidaiyyah berwawasan keindonesiaan melalui pengkajian dan riset ilmiah.
- Terbentuknya masyarakat yang kuat dan berdaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berbasis ilmu pendidikan guru madrasah Ibtidaiyyah.
- Terselenggaranya tata kelola ilmu pendidikan guru madrasah Ibtidaiyyah yang profesional, transparan, dan akuntabel dalam rangka mencapai kepuasan civitas akademika dan pemangku kepentingan.
A. Visi Keilmuan Prodi PGMI FTIK IAIN Pekalongan
Mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dasar yang selaras dengan nilai keislaman dan seni budaya untuk menghasilkan lulusan yang unggul, salih, cerdas dan moderat.
B. Tujuan Prodi PGMI FTIK IAIN Pekalongan
- Menghasilkan lulusan program studi PGMI yang berkualitas dan unggul dalam bidang pendidikan dasar, memiliki pemahaman yang moderat dan berperan dalam melestarikan seni budaya.
- Menghasilkan lulusan yang mempu berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan di bidang pendidikan dasar berdasarkan hasil analisis dan penelitian.
- Menghasilkan lulusan yang mampu berkolaborasi di masyarakat dalam bidang pendidikan dasar serta seni budaya
C. Strategi Pencapaian Tujuan Prodi PGMI FTIK IAIN Pekalongan
- Menyesuaikan kurikulum dengan kondisi terkini dan kebutuhan pengguna lulusan
- Melakukan kolaborasi dengan prodi PGMI dan PGSD pada perguruan tinggi lain dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa
- Mengadakan kerjasama dengan pengguna lulusan pada program magang dan penyerapan lulusan
- Meningkatkan pemahaman moderasi beragama melalui kegiatan FGD, seminar dan kajian
- Memasukkan muatan seni budaya terutama berbasis kearifan lokal Pekalongan pada kurikulum
- Melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan perkuliahan di prodi PGMI
- Mengadakan kerjasama terkait penelitian di bidang pendidikan dasar
- Meningkatkan kompetensi dosen PGMI dalam bidang penelitian dan publikasi karya ilmiah
- Meningkatkan kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa
- Melakukan kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa dengan pihak professional di bidang pendidikan dasar
- Mengadakan kerjasama pengabdian masyarakat di bidang pendidikan dasar dan seni budaya
- Meningkatkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam bidang pengabdian masyarakat
Program studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mulai dibuka pada tahun akademik 2013/2014. Ketua Prodi PGMI pada saat ini dijabat oleh Ibu Juwita Rini, M.Pd, sedangkan sekretaris jurusan dijabat oleh Ibu Hafizah Ghany H., M.Pd.
Visi Keilmuan Prodi "Mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dasar yang selaras dengan nilai keislaman dan seni budaya untuk menghasilkan lulusan yang unggul, salih, cerdas dan moderat.."
Pembelajaran di jurusan PGMI diampu oleh dosen-dosen yang memiliki kualifikasi sesuai dengan mata kuliah yang disampaikan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran aktif dan kooperatif. Adapun kurikulum prodi PGMI dapat diakses pada menu kurikulum.
Profil utama lulusan PGMI adalah Guru Kelas MI/SD profesional yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi. Adapun kompetensi penunjang lulusan PGMI adalah menjadi tenaga peneliti kependidikan MI/SD dan praktisi pendidikan anak usia MI/SD, di samping itu lulusan PGMI juga memiliki kompetensi dapat menjadi perancang media pembelajaran pendidikan dasar yang bermental entrepreunership (kewirausahaan).